Dampak Pergaulan Bebas Terhadap Kehidupan & Masa Depan



Pergaulan merupakan proses interaksi yang di lakukan oleh individu dengan individu, dapat juga individu dengan kelompok. Kita tentu tahu bahwa pergaulan bebas itu adalah salah satu bentuk perilaku menyimpang, yang mana “bebas” yang dimaksud adalah melewati batas-batas norma ketimuran yang ada. Masalah pergaulan bebas ini sering kita dengar baik di lingkungan maupun dari media massa. Remaja adalah individu labil yang emosinya rentan tidak terkontrol oleh pengendalian diri yang benar. Jika remaja-remaja ini telah masuk dalam dunia pergaulan bebas,tentu ini sangat tidak baik bagi dirinya dan akan berdampak buruk dalam kehidupan si remaja bahkan hingga masa depanya. Berikut dampak dari pergaulan bebas terhadap kehidupan dan masa depan si remaja.

1.   Akan menjadi orang yang pemarah
Salah satu yang berdampak pada dirinya adalah dia akan menjadi orang yang emosional, sering marah-marah.biasanya akan terjadi pada saat si remaja sedang bermain dengan lingkunganya, ia akan menjadi seorang yang pemarah terhadap temanya walaupun tanpa sebab yang jelas.

2   Menjadi anak yang membantah orang tua
Akibat anak masuk dunia pergaulan bebas adalah ia akan menjadi orang yang membantah kepada orang tuanya. Karana ia lebih menghormati teman-teman di banding orang tuanya, ia akan menjadi pembantah apa bila orang tuanya memintanya tolong di rumah.

3   Menjadi anak yang pemalas belajar
jika remaja sudah nyaman berada dalam pergaulan bebas, ia akan menjadikan kegiatan ini menjadi aktivitasnya nomor satu dibandingkan sekolahnya. Ia akan menjadi orang yang malas belajar baik di sekolah maupun di rumah.

4   Menjadi anak yang suka bolos
Salah satu dampaknya dia juga akan menjadi anak yang membolos sekolah, karna ia merasa lebih mengasikan bermain bersama teman-temanya di lingkup pergaulan bebas di banding sekolah. Akhirnya dia akan menjadi murid yang membantah guru, tidak mengerjakan tugas, dan prestasi/nilai di sekolahnya akan anjlok.

5   Akan menjadi generasi yang sia sia
Nah kalau remaja telah terkrna dampak yang di atas tadi, tentu pribadi dan sikap dia selama masa anak-anak menjadi dewasa telah hancur dan sangat buruk. Dia akan menjadi orang yang bodoh,pendidikan terbelakang,pribadi yang tidak baik,tidak di terima di lingkup keluarga bahkan di masyarakat. Karna dia merupakan individu yang tidak bagus di mata masyarakat. Tentu masa depan dari si remaja tidak akan baik dan hanya menjadi seorang individu yang sia-sia.


Sebagai orang tua harus bias mengawasi pergaulan anak-anaknya,dan sebagai remaja juga harus berhati-hati dalam memilih pergaulan sehingga bisa terhindar dari Dampak-dampak pergaulan bebas tersebut yang dapat merusak kehidupan dan masa depan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »